Rabu, 24 Oktober 2012

2.7   Prosesor

Prosesor disebut juga mikroprosesor dan disebut juga CPU.Komponen ini berupasebuah cip. Cip adalah sekeping silikon berukuran beberapa milimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain. Prosesor Berfungsi mengendalikan operasi komputer & melakukan fungsi pemrosesan data.

               - Prosesor Sebagai Salah Satu Komponen Terpenting

Prosesor merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem komputer. Prosesor seringkali disebut otak komputer, meskipun penyebutan seperti itu tidak tepat sepenuhnya. Prosesor hanya bertindak sabagi mesin pemroses tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat. Fungsi pengingat ditangani oleh komponen tersendiri yang dinamakan memori.
               Prosessor memegang peran yang sangat penting dalam sistem komputer dalam berbagai aspek sebagaimana dapat dilihat berikut :
·       Kinerja : Tipe prosesor yang digunakan akan mempengaruhi kinerja sistem komputer. Kemampuan sebuah prosesor menentukan kinerja maksimun yang dapat dicapai oleh sistem komputer.
·       Dukungan perangkat lunak : prosesor yang lebih cepat memungkinkan pemakaian perangkat lunak terbaru ataupun fitur terbaru. Sebagai contoh, prosesor Pentium dengan teknologi MMX memungkinkan pemakaian perangkat lunak khusus yang tak didukung oleh jenis prosesor generasi sebelumnya
·       Keandalah dan stabilitas : salah satu pendukung keandalan dan stabilitas sistem komputer adalah kualitas prosesor. Sebagai contoh, salah satu jenis prosesor Pentium mengalami kesalahan dalam proses aritmetika karena kesalahan desain begitu  juga terdapat sebuah prosesor tertentu yang sering menyebabkan komputer macet dan bahkan prosesor terbakar.
·       Pendingin dan konsumsi energi : awalnya prosesor hanya mengkonsumsi daya listrik yang relatif kecil daripada komponen-komponen yang lian. Namun pada perkembangan selanjutnya, prosesor justru menghabiskan daya listrik yang lebih besar daripada generasi sebelumnya. Tentu saja keadaan ini menyebebkan prosesor cepat panas dan karena itu diperlukan sistem pendinginan yang lebih baik.
·       Dukungan motherboard : adanya bebagai prosesor yanh beredar menimbulkan kebutuhna motherboard yang sesuai. Sementara itu, motherboard sendiri menentukan kemampuan dan kinerja sistem.

                   -  SejarahSingkat Mikroprosesor

Mikroprosesor yang pertama kali diciptakan yaitu Intel 4004, yang diperkenalkan pada tahun 1971. Mikroprosesor yang pertamakali digunakan untuk komputer rumah adalah Intel 8080 yang diperkenalkan pertamakali pada tahun 1974. Namun yang dinamakan PC seperti yang sekarang diperekenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC. Mikroprosesor yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis, prosesor-prosesor yang digunakan sampai pada akhir tahun 2002 adalah 8088,80286,80386,80486,pentium,pentium II,pentium III,pentium 4. sebagai bahan perbandingan, prosesor pentium 4 mempunyai kecepatan 5000 kali lebih cepat dari pada prosesor 8088.

      -    Aneka Prosesor

                           Perusahaan yang membuat mikroposesor tenru tidak hanya Intel. Perusahaan 
                   seperti Motorola, Fujitsu, dan IBM juga memproduksi mikroprosesor.



     -   Kecepatan Prosesor

              Istilah-istilah seperti berikut sering dijumpai :
·       Intel Celeron 500MHz
·       Intel Pentium 4 1,76 GHz
·       AMD Athlon 1 GHz
Angka dan satuan yang terletak setelah nama prosesor menyatakan kecepatan prosesor atau lebih tepatnya adalah jumlah pulsa yang dapat dihasilkan oleh clockpada prosesor per detik. MHz menyatakan satuan dalam jutaan pulsa per detik, sedangkan Ghz menyatakan satuan dalam trilyunan pulsa per detik.
               Selain menggunakan satuan seperti MHz dan GHz, kecepatan prosesor juga ditentukan melalui satuan MIPS(Millions of Instructions Per Second atau menyatakan jumlaah jutaan instruktur per detik yang dapat di tangani oleh prosessor)dan flops (floating point operations per secont atau jumlah operasi bilangan real per detik). MIPS biasa digunakan pada workstation, minikomputer, mainframe, sedangkan flops biasa dipakai pada sumperkomputer. Satuan yang lebih besar dari pada flops yaitu megaflops,gigaflops,teraflops dan petaflops       

     -    Cara Kerja Prosesor 
 CPU terdiri atsa dua bagian utama yang dinamakan unit kontrol dan ALU (Arithmatic and Logic Unit). 
 Unit kontrol berfungsi untuk mengendalikan seluruh komponen dalam sistem komputer, seperti layaknya otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalma tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakan atau dikendalikan. Pengendalian yang dilaksanakan oleh unit ini didasarkan pada intruksi-intruksi yang terdapat pada program komputer. Setiap intruksi diterjemahkan le dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan maksud instruksi bersangkutan.
·       Unit aritmetika dan logika berperan dalam melaksanakan operasi-operasi perhitungan (aritmetika)seperti pengurangan, penjumlahan, dan pengalihan maupun operasi pembandingan (logika)seperti menbandingkan suatu nilai nol atau tidak.
Selain kedua komponen tersebut, CPU memiliki sejumalah register. Register adalah memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangan tinggi, yang digunakan untuk bebagai operasi dalam CPU. Tipe register brmacam-macam, antara lain yaituregister instruksi, registeralamat, register akumulator.
Untuk melakukan suatu operasi terhadap data yang berada didalam memori utama, dta mula-mula disalin dari memori ke register-register dalam CPU.Unit kontrol yang menangani hal ini.Pengertian data dalam konteks ini bisa berarti perintah atau data.Selanjutknya data di terjemahkan dan diproses.Jika terdapat operasi aritmetikaatau logika, ALU segera megambil alih peran tersebut. Hasil sememtara pemrosesan akan ditaruh pada akumulator dan setelah itu baru dikirimkan ke memori utama. Mekanisme seperi itu dapat dituangkan dalam bentuk algoritma (urutan proses) seperti berikut :
1.     MUAT nilai dari memori ke sebuah register
2.     MUAT nilai dari memori keian ke register yang lain
3.     JUMLAHKAN kedua nilai dan hasilnya berada dalam akumulator
4.     SIMPAN ini akumulator ke dalam suatu memori
5.     Selesai.

-  CPU Superskalar
                              CPU yang dapat memproses paling banyak satu instruksi dalam sebuah siklus (pulsa dari clock)biasa disebut CPU skalar atau tradisional. Termasuk dalam golongan ini yaitu keluarga Intel x86 (misalnya 80486)yang digunakan pada IBM PC dan kompatibelnya dan keluarga Motorola 68000 yang digunakan pada komputer Apple. Adapun CPU yang dapat menjalakan lebih dari satu instruksi per siklus dinamakan CPU superskalar. Termasuk dalam kategori in yaitu prosesor Pentium (Intel), PowerPC (INM-Motorola-Apple), K5 (AMD) dan generasi berikutnya, M1 (Cyrix), dan Nx586 (NexGen).

      
                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar