5. Video
Untuk merekam citra bergerak, dipergunakan kamera video sebagai masukan komputer. Selain itu saat ini beberapa kamera digital juga memungkinkan untuk membuat berkas film berdurasi pendek (dalam beberapa detik).
Ada berbagi bentuk kamera video semacam ini, mulai dari yang kecil tanpa kabel, yang dapat dipasang untuk mengawasi suatu area tertentu. misal pada bank, sampai kamera video yang dapat digunakan untuk meliput suatu peristiwa penting.
Kamera video (sering disebut video camera recorder atau disingkat camcorder) dapat merekam citra yang bergerak. Karena gerakan merupakan isyarat analog, isyarat ini perlu diubah menjadi isyarat digital agar dapat dimasukkan ke dalam komputer. Pengubahan ini dilakukan oleh kartu video capture yang dipasang pada komputer. Pengubahan ini dilakukan oleh kartu video capture yang dipasang pada komputer. Kamera video dapat merekam sampai 30 frame per detik sehingga dapat memberikan efek kontinyu pada gerakan citra.
6.
Gerakan
Untuk memantau gerakan
manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality, diperguanakn
peranti-peranti yang bernama glove, headset dan walker
1. Headset
Headset
adalah peranti yang dipasang pada kepala, menutp mata, yang digunakan untuk
menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gamar ke
mata pemakai.
2. Glove
Glove
berbentuk seperti sarung tangan, yang terapat sensor-sensor gerak yang
digunakan untuk merekam jenis data kinetis tangan user dan dirubah menjadi
digital.
3. Walker
Walker
berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk
menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan diubah menjadi digital.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar