Rabu, 24 Oktober 2012

Jenis Peranti Pemasukan

1.   Piranti Pengetikan
 
           Piranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan dalam system computer adalah keyboard. Piranti pengetikan yang lain yaitu ATM ( Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang dan POS (Point of Sale) yang digunakan pada took-toko swalayan.

a.      Keyboard
       Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf ,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer, keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A Z, a z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> / , . ? : ; \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut 

A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.

Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
·         Tombol Pengetikan
·         Tombol Angka
·         Tombol Fungsi
·         Tombol Kontrol
 
B.  ATM (Automated Teller Machine)

      ATM atau biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. Piranti ini memungkinaknkita melakukan transaksi pengambilan uang tunai,berbagai jenis tagihan, transfer uang bahkan sudah bias digunaka untuk memesan tiket kereta api.

C.   POS (point of Sale)

          Merupakan piranti yang dipergunakan pada took-toko  untuk memasukan data pembelian. Biasanya piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap degnan angka-angka , juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar